Penetapan WP Non Efektif

  • Date
  • Posted by
    admin
  • Comments
    0

Apa itu wajib pajak non efektif?

     Istilah non efektif pada dasarnya kita artikan sebagai status non aktif sementara yang dalam hal ini adalah status non aktif sementara sebagai seorang wajib pajak.

     Pada umumnya, memang tidak bisa dipungkiri bahwa dalam pembayaran maupun pelaporan pajak sudah menjadi pusat perhatian atau bahkan tekanan bagi seluruh wajib pajak. Namun kita juga tidak bisa melihat dalam satu sisi saja bahwa pajak bersifat memaksa.

     Di sisi lain, kewajiban membayar dan melapor pajak juga menyesuaikan dengan kemampuan dan keadaan wajib pajak. Contohnya saat sumber penghasilan ataupun kegiatan usaha yang dijadikan wajib pajak sebagai acuan kewajiban pajaknya terhenti atau tidak beroperasi lagi. Maka status non efektif wajib pajak lah yang menjadi jawaban atas masalah yang dihadapi wajib pajak tersebut.

     Definisi wajib pajak non efektif (WPNE) yang sebenarnya adalah status yang dapat diajukan oleh wajib pajak ketika wajib pajak tersebut dikecualikan dari pengawasan administrasi secara rutin dalam kewajiban dalam menyampaikan surat pemberitahuan atau SPT. Maka bila seorang wajib pajak sudah mendapatkan status sebagai non efektif, wajib pajak yang biasanya akan dikenakan pajak penghasilan kini tidak lagi diwajibkan lapor SPT Tahunannya karena kewajiban pelaporan pajaknya digugurkan sementara, selama wajib pajak berstatus non efektif.

     Namun perlu kita ketahui bersama bahwa status wajib pajak non efektif ini tidak bisa diterima oleh sembarang wajib pajak. Status tersebut hanya dapat diberikan berdasarkan permohonan atas wajib pajak yang bersangkutan maupun secara jabatan dan hanya dapat dilakukan oleh KPP saja.

     Cara Penetapan WP Non Efektif, menurut Pasal 24 ayat 2 PER - 04/PJ/2020, bisa dilakukan atas permohonan wajib pajak atau secara jabatan. Penetapan WP Non Efektif ini harus dilakukan berdasarkan hasil pemeriksaan atau hasil verifikasi sesuai perundang-undangan perpajakan yang mengatur tata cara pemeriksaan atau tata cara verifikasi. Jadilah warga negara yang taat membayar pajak dan pintar akan segala pengetahuan dasar tentang perpajakan.

Penetapan WP Non Efektif

     Layanan ini diberikan kepada Wajib Pajak yang meyampaikan permohonan sebagai Wajib Pajak non-efektif karena tidak memenuhi persyaratan subjektif dan/atau objektif, tetapi belum dilakukan penghapusan NPWP.

Prosedur

  1. Wajib Pajak menyampaikan permohonan Wajib Pajak Non-Efektif:
    • Secara elektronik dan disampaikan melalui saluran tertentu yang ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Pajak; atau
    • Tertulis disampaikan:
      a. Secara langsung;
      b. Melalui pos dengan bukti pengiriman surat; atau
      c. Melalui perusahaan jasa ekspedisi atau jasa kurir dengan bukti pengiriman surat, dan disampaikan ke KPP/KP2KP/Layanan Pajak di Luar Kantor sesuai wilayah kerjanya.

Persyaratan dan Dokumen
  1. Formulir permohonan penetapan Wajib Pajak Non-Efektif;
  2. Surat pernyataan memenuhi kriteria Wajib Pajak Non-Efektif;
  3. Dokumen yang menunjukan bahwa Wajib Pajak memenuhi kriteria sebagai Wajib Pajak Non-Efektif.


Jangka Waktu Penyelesaian

Paling lambat 5 (lima) hari kerja setelah Bukti Penerimaan Surat (BPS) diterbitkan.


Share this Post:

Comments0